PERESMIAN BANK SAMPAH “MOLIOS”

05 Jun 2020 Berita 28
Admin Web

Written by

Salakan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan bekerja sama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada Jumat, 5 Juni 2020 dihalaman Kantor PKK di Salakan.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Bupati Banggai Kepulauan, Sekretaris Daerah, unsur Forkopimda, Kepala Kemenag, Kepala Cabang Unit Bank Sulteng Cabang Salakan serta Ketua TP-PKK dan seluruh unsur terkait lainnya.

Kegiatan bertajuk Biodiversity atau Keanekaragaman Hayati sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Bank Sampah Induk Molios (BSIM) yang diresmikan langsung oleh Bupati Banggai Kepulauan, H. Rais D. Adam.

Biodiversity mengandung makna dan seruan untuk memerangi percepatan dan hilangnya degradasi spesies dunia alam. ‘’satu juta spesies tumbuhan dan hewan terancam punah disebabkan sebagian besar oleh aktivitas manusia’’, Ujar Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan, Ferdy Salamat, ST., M.Si

Untuk mengintegrasikan dan memaksimalkan pengolahan sampah di Banggai Kepulauan, Bupati Bangkep Bapak Rais D. Adam menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 28 Thun 2019 Tentang Kebijakan dan Strategi daerah Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sejenisnya. Salah satu rencana aksi atas implementasi perbup tersebut adalah Pembentukan Bank Sampah Induk dan Bank Sampah Unit yang diinisiasi langsung oleh TP-PKK Banggai Kepulauan Dengan Direktur Hj. Ratnasari N. Turungku, SKM., MPH

PETUGAS KEBERSIHAN KOTA

04 Februari 2020 Berita 29
Admin Web

Written by

Di Tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan Mempunyai Program baru khusunya dalam bidang Persampahan, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas  yaitu Petugas Kebersihan Kota (Petugas Sapu Jalan).  Lokasi Pembersihan dimulai dari Kelurahan Salakan, Desa Baka, Desa Bongganan, Desa Tompudau dan Jalur Dua Area Perkantoran. Pertugas Kebersihan Kota semuanya Perempuan yang Berjumlah 58 orang. Waktu pembersihan dimulai pada Pukul 05.00 Wita – 06.00 Wita. Selasa, 4 Februari 2020. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan melakukan rapat terbuka di depan Kantor yang dihadiri oleh seluruh Petugas Kebersihan kota, Camat Tinangkung, Kepala seksi Persampahan, dan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bpk. Ferdy Salamat, ST., M.Si selaku pimpinan. Program ini dimaksudkan untuk mewujudkan Kota Salakan bebas sampah.

GIAT PENANAMAN POHON MANGROVE DI PESISIR PANTAI DESA TATAKALAI

30 Januari 2020 Berita 41
Admin Web

Written by

Kamis, 30 Januari 2020. Satuan Polisi Perairan Dan Udara POLRES BANGGAI KEPULAUAN  bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan dalam rangka Malaksanakan Giat Penanaman Pohon Mangrove di pesisir Pantai Desa Tatakalai Kec. Tinangkung Utara Kab. Banggai Kepulauan dengan tema ‘’Satu  Gerakan untuk Menghidupkan Harapan dan Tumbuh Semangat Alam, Indah Pesisirku, Asri  Lautku untuk Menjadi Warisan kepada Anak Cucu Kelak”.

Pemerintah Kabupaten dalam hal ini yaitu Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas terkait lainnya bersama dengan Satuan Polisi Perairan dan Udara, Polres Banggai Kepulauan, Pemerintah Desa Tatakalai Kec. Tinangkung Utara. Penanaman Mangrove mulai dilakukan pada pukul 10.00 Wita, dalam proses penanaman terdapat kendala yang sebabkan oleh kenaikan air laut sehingga membuat penanaman terlambat sesuai waktu yang dijadwalkan.

 

 

 

KEGIATAN PENANAMAN MANGROVE

26 Januari 2020 Berita 29
Admin Web

Written by

Kegiatan Penanaman Mangrove oleh KELOMPOK PEMERHATI LINGKUNGAN (KPLH), PERSATUAN NUSA PELING PECINTA ALAM DAN SENI (SATU NAPAS) Kabupaten Banggai Kepulauan bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan dan beberapa komunitas Pencinta Alam. Kegiatan ini dilakukan pada Minggu, 26 Januari 2020 di pesisir pantai Patukuki Kecamatan Peling Tengah. Kegiatan tersebut dihadiri dari Dinas Lingkungan Hidup, KPH Pulau Peling, Kepolisian Peraiaran dan Udara, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Kepala Sekolah SMA 1 Peling Tengah dan teman-teman KPA Trikora, KPA Montolutusan dan KPA lainnya.

Kegiatan yang bertemakan ‘’SATU GERAKAN UNTUK MENGHIDUPKAN HARAPAN DAN TUMBUH SEMANGAT BERSAMA ALAM’’ di buka langsung oleh Sekretaris Camat Peling Tengah, Bapak Suryanto Ambomurung, S.Sos. dalam sambutanya beliau menyampaikan bahwa penanaman mangrove merupakan langka yang sangat baik untuk menangkal abrasi dan erosi pantai, kemudian apabila bisa dikelola dengan baik dalam sektor Pariwisata bisa menjadi pendapatan desa serta masih banyak manfaat lainnya. Kemudian sambutan lainnya dari Dinas Lingkungan Hidup dalam hal ini yang mewakili Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup ibu Selviani Ali Bapiol, S.Pi dalam tuturnya, bahwa dalam kegiatan seperti ini juga perlu dihimbaukan kepada masyarakat tentang pentingnya penanaman mangrove serta pemahaman tentang manfaat dari mangrove sehingga mereka turut berperan aktif dalam kegiatan seperti ini.

 

 

Penanaman dilakukan secara simbolis terlebih dahulu kemudian dilakuka penanaman mangrove secara serentak dengan diameter ± 1 meter disepanjang pesisir pantai Patukuki Kecamatan Peling Tengah.

Pencarian

Calendar

« May 2021 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31