Selasa, 14 Jun 2022 17:18

PEMANTAUAN UJI KUALITAS MATA AIR DAN SUNGAI

Written by

Untuk mengetahui kualitas mata air dan sungai di Kabupaten Banggai Kepulauan, dilakukan pengujian laboratorium terhadap beberapa parameter uji kualitas air yang terdiri dari parameter Fisika, Kimia dan Biologi.

 

Pengambilan sampel kualitas mata air dan sungai dilaksanakan oleh Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dan UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan.

Kapan dan dimana lokasi yang dipantau ?

Pemantauan kualitas mata air dan sungai oleh Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dan UPT Laboratorium Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan meliputi mata air dan sungai-sungai yang terdapat dibeberapa tempat antara lain :

Waktu pelaksanaan  :  02 s/d 04 Juni 2022

Lokasi

  • Sungai Leng Bola, Desa Patukuki Kec. Peling Tengah
  • Mata Air Bukal, Desa Alakasing Kec. Peling Tengah
  • Mata Air Dunol, Desa Patukuki Kec. Peling Tengah

Waktu pelaksanaan  :  06 s/d 08 Juni 2022

Lokasi

  • Mata Air Mandoni, Desa Mansamat Kec. Tinangkung Selatan

Waktu pelaksanaan  : 09 s/d 11 Juni 2022

Lokasi

  • Sungai Tatakalai, Desa Tatakalai Kec. Tinangkung Utara
  • Mata Air Paisu Sinangkal Atas, Desa Tatakalai dan Ponding” Kec. Tinangkung Utara
  • Mata Air Paisu Sinangkal Bawah, Desa Tatakalai dan Ponding” Kec. Tinangkung Utara

        

Pemantauan kualitas air ini didasarkan untuk mengetahui sudah sampai mana kegiatan manusia mempengaruhi kualitas air atau sungai didaerah masing-masing.

Untuk mengetahui kualitas mata air dan sungai di Kabupaten Banggai Kepulauan, dilakukan pengujian laboratorium terhadap beberapa parameter uji kualitas air yang terdiri dari parameter fisika, kimia dan biologi.

Upaya pengendalian pencemaran air ini perlu dilalukan guna menjaga dan meningkatkan kualitas air sehingga dapat dilakukan pencegahan pencemaran pada air baik itu tercemar secara ringan, sedang maupun berat

Kegiatan ini juga dapat menjadi salah satu langka untuk mengingatkan kepada masyarakan agar dapat menjaga kualitas sumber mata air didaerah masing-masing.

Peran masyarakan untuk ikut serta dalam menjaga kualitas air sangatlah dibutuhkan, mengingat potensesi terbesar yang mengakibatkan air tercemar adalah masyarakat itu sendiri. Salah satu contoh yaitu menjadikan saluran drainase sebagai pembuangan air limbah rumah tangga dan juga kebiasaan membuang sampah ke sungai mengakibatkan sungai itu dapat tercemar.

Balayon, dlh.banggaikep.go.id - Pada hari Sabtu Tanggal 26 Februari 2022 Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan bersama Palang Merah Indonesia (PMI) melaksanakan Program Gerakan Penanaman Pohon Menuju BANGKEP Hijau di Kawasan Mata Air Desa Balayon Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan.

 

 

 

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Banggai Kepulauan Bapak Salim J. Tanasa Bersama Ibu, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Seksi Pemeliharaan Lingkungan Hidup bersama Staf, Ketua Palang Merah Indonesia Banggai Kepulauan bersama pengurus, Pemerintah Desa Balayon, Relawan PMI Banggai Kepulauan, PMR Wira SMAN I Tinangkung, PMR Madya SMPN I Tinangkung, Komunitas Pecinta Lingkungan dan Karang Taruna serta Masyarakat Desa Balayon. Jenis pohon yang ditanam adalah pohon Mahoni berjumlah 100 pohon bersumber dari bantuan Dinas Kehutanan Kabupaten Banggai Kepulauan.

 

 


Salakan, 23 Februari 2022 Dinas Lingkungan Hidup UPT Laboratorium Lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah didampingi Tim UPT Laboratorium Lingkungan Kabupaten Banggai Kepulauan yang bertujuan melakukan Program Pengendalian Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup. Dalam rangka Kegiatan Pencegahan Pencemaran dan/atau Kerusakan Lingkungan Hidup.

 

Pengambilan sampel kualitas air sungai dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup UPT Laboratorium Lingkungan Provinsi Sulawesi Tengah bersama UPT Laboratorium Lingkungan Kabupaten Banggai Kepulauan yang bertempat di sungai Leng Bola.

 

Sungai Leng Bola termasuk pada kawasan Desa Patukuki Kec. Peling Tengah, dimana jarak yang ditempuh menggunakan mobil dari ibu kota kabupaten Banggai Kepulauan, sampai pada titik lokasi yang dituju Kurang lebih sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak sekitar 27 Km perjalanan menggunakan mobil, kemudian dilanjutkan berjalan kaki sampai pada titik lokasi sekitar 1 s/d 2 Km.

 

Pemantauan kualitas air sungai merupakan bagian dari upaya pengelolaan kualitas air yang bertujuan untuk mengetahui kondisi kualitas air sungai di Daerah Banggai Kepulauan.

Kegiatan ini dapat menjadi salah satu upaya pengawasan dan pengendalian terhadap pencemaran pada air. Dengan demkian timbulnya penyakit akibat air yang tercemar (water borne disease) dapat kita hindari.

Tanggal 22-23 November 2021 bertempat di Pantai Lasiana, Kupang. merupakan Puncak Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional, Hari Cinta Puspa, Satwa Nasional, dan Jambore Nasional. Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan menerima Anugerah sebagai pengelola Taman KEHATI Terbaik Tahun 2021. karena dalam penyelamatan KEHATI melalui koleksi tumbuhan lokasi dan langka di Taman KEHATI Kokolomboi yang telah berkontribusi terhadap peningkatan populasi Tarsius dan Gagak Banggai serta ekonomi masyarakat. yang hadiri Langsung Oleh Bupati Banggai Kepulauan Bpk. H. Rais D. Adam dan Kepala Dinas LIngkungan Hidup Kabupaten Banggai Kepulauan Bpk. Ir. Ferdy Salamat, S.T., M.Si sebagai pengelola Taman Kehati Kokolomboi.